Asalamualaikum Wr.Wb
Saya ingin memposting Informasi Tentang Lokomotif Tertua yang ada di Indonesia ..Untuk selengkapnya marilah baca artikel di bawah ini :) ..Selamat Membaca!
1. BB204

Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
2. CC202
lokomotif buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat
di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik
dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut
batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
3. CC201
Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.
4. CC200
LOKOMOTIF CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan
pemerintah Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal
1950-an,dan memiliki tenaga 1750Hp
5. D300
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan
untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini
dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
6. D301
Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini
merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
7. BB306
Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh
Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk
melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun
Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an
hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan
kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
8. BB305 (Jenbach)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
9. BB305 (CFD)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang
dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD,
Perancis. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
10. BB304
Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini
berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk
dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
11. BB303
Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa
digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam
12. BB301
adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif
sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta
penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan
kecepatan maksimum 120 km/jam.
13. BB300
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa
digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang.
Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam,
buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
14. BB203
Membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar
Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif
BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga
gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan
sebagai gandar penggerak.
15. BB202
Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik
tipe ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak
tahun 70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201
ataupun lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu
kabin masinis ini tidak memiliki hidung.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
16. BB201
Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik
tipe kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak
tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
17. BB200
Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik
tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa
sejak tahun 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar
lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah,
karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
18. CC203
Lokomotif CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan
pengembangan desain dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk kabin masinis
ujung pendek yang aerodinamis,serta diperlebar untuk kenyamanan dan
mengurangi penumpang liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbo charger sehingga dayanya 2150HP.
19. CC204
Lokomotif CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di
Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi
menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yg bentuknya seperti
CC201,dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.
Sekian Informasi yang saya berikan semoga bermanfaat bagi kita semua :) ,,Terimakasih Wasalamualaikum Wr.Wb
Sumber : http://www.lihat.co.id/2012/12/19-jenis-lokomotif-kereta-api-yang-ada.html
Sumber : http://www.lihat.co.id/2012/12/19-jenis-lokomotif-kereta-api-yang-ada.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar